Minggu, 08 Februari 2015

DIY : Play Dough

Kalau yang punya anak, pasti gak asing sama mainan ini. Jangankan anak-anak, orang dewasa juga suka main ini karena warna warni yang sangat eye catching.

Tapi buat beli doughnya kadang agak jadi beban yee, secara dough yang bagus rada mihil, apalagi Lyvia mainnya brutal kadang dough-nya habis entah kemana.

Alhamdulillah sahabat saya, seorang guru pre-school elite yang sangat baik hati mau memberikan tutorial cara membuat dough dengan bahan yang aman dan pastinya hemat di kantong.

Here's what you need
Bahan:
- Tepung protein rendah
- Garam
- Air
- Pewarna Makanan
- Minyak 1/2 sdt

Cara Membuat:
1. Campurkan tepung dengan garam aduk secara merata.
2. Ditempat terpisah campurkan 30ml air  dengan pewarna.
3. Selanjutnya, tuangkan air bewarna kedalam tepung sedikit demi sedikit, aduk tepung sampai merata hingga kalis dan tidak menempel ditangan, tambahkan air bila perlu (lebih baik menggunakan tangan).
4. Sesudah mendapatkan konsistensi dough yang diinginkan teteskan minyak 1/2 sdt agar lebih lentur.

Tips:
Tidak ada ukuran pasti untuk bahan-bahan, tetapi semakin banyak garam yang dimasukkan, semakin bagus pula konsistensi dari dough.
Perbandingan yang saya pakai tepung dan garam 10:3 sdm.
Jika main douhgnya pakai cetakan, saya sarankan minyaknya pakainya sedikit saja ya, jangan terlalu banyak, karena jadi terlalu elastis dan nggak ngikutin bentuk cetakan.
Or selama mencari kepadatan yang diinginkan sambil dites aja pakai cetakan doughnya, biar pas dihati. Hehe

Okay Mommies, selamat mencoba.






4 komentar:

  1. Aku juga suka bikin ini, mak.. Tapi biasanya dicampur sedikit maizena biar nguleninya gak kelamaan. Kan pegel. hihihihi :D

    BalasHapus
  2. Kemarin ada sutradara yang nawarin gue jadi pemeran diiklan sampo. Tapi gue tolak aja ,masa gue di suruh berperan jadi ketombe !!

    BalasHapus
  3. bisa dimakan ga sih mak? belom pernah bikin yang kaya gini :D

    BalasHapus
  4. Anda suka travelling ? suka mendaki gunung ? Kami ada rekomendasi tempat untuk anda kunjungi. Ini adalah info tentang beberapa gunung yang dapat anda daki dan mempunyai keindahan alam yang sangat fantastis: Gunung Semeru || Gunung Rinjani || Gunung Gede || Gunung Di Jawa Tengah || Gunung Tertinggi Dunia

    BalasHapus

Leave your comment here..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...