Minggu, 25 Agustus 2013

Lyvia 1st Movie : Pentingnya pendengaran bayi.

Mungkin sih postingan ini udah telat hampir 1 bulan, tapi nggak apa-apalah ya. 



Sekarang kegiatan nonton di movie theater pasti udah nggak asing lagi kan? Nah kegiatan ini bahkan udah jadi rutinitas pasangan-pasangan, nah bagaimana yang membawa bayi/balita?

Postingan ini saya tulis karena saya sendiri mengalami hearing loss sedari bayi, bukan karena kesalahan orang tua tapi memang dari karuniaNya harus seperti ini, jadi saya ingin Lyvi lebih bisa mendengar suara-suara indah yang mungkin tidak saya dengar, dan alasan kedua adalah rasa concern terhadap orang tua yang membawa bayi nya nonton film tanpa memberikan perlindungan apapun terhadap kuping bayi mereka. Lyvia baru saya bawa nonton di usia 11 bulan, tapi banyak lho yang membawa anak di usia 6 bulanan. 
Mungkin anak yang dikira tidur ketika nonton bioskop dikira nyaman dengan suasananya, atau mungkin dikira anak yang aktif menonton dikira senang, tapi kita saja yang dewasa kadang suka sakit kan kupingnya kalau suara di dalam bioskop terlalu kencang? Nah apalagi bayi kan?

Yang sangat harus disediakan bila membawa bayi adalah earmuff, eits tapi bukan earmuff seperti yang dipakai di musim salju ya! Earmuff yang dimaksud adalah earmuff kedap suara, kalau orang dewasa suka pakai ketika latihan menembak atau bermain drum agar kuping tidak mengalami kerusakan.

Earmuff yang saya beli bermerek babybanz, tapi ada juga peltor yang juga sangat direkomendasikan, ukurannya ada dari newborn sampai toddler. Saya benar-benar searching earmuff ini demi bisa nonton bioskop, walaupun searching agak lama, tapi worth to buy!



Kenapa harus memakai earmuff?
Alasan utama yang pasti adalah untuk menjaga kesehatan kuping bayi, agar tidak terjadinya 'hearing loss' atau kehilangan pendengaran. Karena setiap paparan suara diatas 100 decibel yang didengar  akan membahayakan anak-anak apalagi telinga kecil mereka akan menguatkan suara sebesar 20 decibel daripada yang di dengar oleh orang dewasa.

Earmuff juga harus dipakai ketika pergo karokean, menonton konser, pertandingan, dan naik pesawat. Kalau di runaway pesawat suka liat petugas yang pakai headphones? Nah earmuff yang dipakai persis seperti itu.

Earmuff tidak membuat anak jadi tidak bisa mendengar sama sekali. Anak tetap akan mendengar tapi dengan volume suara yang lebih kecil. Earmuff juga nyaman karena terdapat busa-busa tebal yang membuat telinga tetap tertutup dan earmuff tidak bergeser.

Nah sekarang kalau mau nonton jangan lupa perlindungan kuping untuk anaknya ya..


Saya menonton Conjuring - film horor di kota kasablanka bersama saudara-saudara lainnya jadi didalam bioskop rata-rata keluarga saya jadi kalau Lyvi rewel mereka bisa maklum tapi kalau banyak orang lain pasti udah nggak nyaman tapi untungnya lyvia tidur selama menonton.

Pengalaman menonton pertama yang sebenarnya bikin saya deg-degan secara film horor saya takut tiba-tiba teriak karena kaget dan takut suara-suara seram membuat lyvia terbangun ternyata earmuff berkerja dengan baik, hehe. 

Ini pengalaman nonton bersama bayi ya, kalau balita pasti berbeda, mereka udah bisa jalan-jalan kalau bosan. Yang pasti kalau balita, pastikan stock makanan dan mainan teraedia. Hihi.


Berikut tips membawa bayi menonton:

1. Pilih jadwal yang tidak terlalu padat, agar tidak menganggu penonton lain ketika bayi rewel. Atau sesuaikan dengan jam tidur bayi, kalau waktunya mereka tidur dijamin bayi akan tidur selama kita menonton. Ini yang dialami lyvi ditambah dengan earmuff tidurnya pulas sekali..

2. Bawa mainan atau makanan cemilan.

3. Bawa nursing cover bila masih menyusui.

4. Pakaikan baju yang agak tebal agar tidak kedinginan.

5. Bersedia keluar jika anak rewel dan tidak bisa ditenangkan.

Nah sudah siap menonton? Selamat menonton!

17 komentar:

  1. wah mas... hebat juga euy persiapannya.
    kadang sih suka mikir kalau lihat orang tua yang ajak baby-nya nonton. dah gitu nontonnya itu mendekati tengah malam pula. kasihan kan bayinya.

    Dan tidak ada yang seperti mas... mempersiapkan earmuff untuk kepentingan si baby. Dah gitu... kalau rewel... dikelonin doang di dalam bioskop, padahal tangisannya dah makin kenceng tuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas saya dan suami hobby nonton, bauk bioskop atau teater, sejak punya bayi jadi nggak bisa lagi, makannya bela-belain cari earmuff ini biar hobby lama tersalurkan, hehe. Pastinya kalau nonton sama bayi harus ada toleransi terhadap bayi dan juga penonton lain, resiko bawa bayi kalau rewel harus mau keluar.

      Hapus
  2. Sepertinya asyik juga bawa bayi nonton film 3D kalau pakai earmuff :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asal jangan yang 4d mak! Kursi gerak-gerak pasti anaknya tetep rewel, hihi.

      Hapus
  3. wah kemarin kita salah beli, malahan yang buat musim dingin itu., Pertama kali nonton sukses ya Lyvia......tfs ya karryn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah sekarang berarti siap2 berburu earmuff yg kedap suara ya Mak! Hehe

      Hapus
  4. Memakai earmuff itu ternyata penting sekali ya, Mbak.
    Sungguh makasih telah share yang perlu diperhatikan bagi setiap ortu ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas sharing untuk orang tua, untuk kesehatan anak :)

      Hapus
  5. Suatu langkah yang bijak untuk pengamanan si baby.

    Dulu saya latihan menembak malah nggak pakai penutup telinga apapun Jeng. Pokoknya dhar..dhor..dher saja. Untung nggak merusak telinga.
    Terima kasih tipsnya
    Terus terang sejak 1997 saya belum pernah nonton film di bioskop lagi.Nonton film hanya di TV, enakan, kadang langsung ketiduran sebelum film habis.

    Salam sayang selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pak dhe nembak pasang earmuff dlua, nanti negara kita keburu di jajah, hehe.

      Hapus
  6. asyik banget nonton bioskop tapi suasananya kayak lagi nonton di ruang tv keluarga di rumah.. sepi gitu sih bioskopnya... (eh, salah fokus aku). Btw, beda nggak sih earmorf itu dengan headset biasa yang buat walkman tapi yang pake busa juga tapi gak disambungin alias dalam kondisi mati??

    BalasHapus
  7. sy sendiri ngajak anak2 nonton stlh mereka bs duduk diam cukup lama ketika menonton di rumah. Jd gak py crt pengalaman ketika ngajak bayi nonton. Tp langkah yg bijak kl bayi dikasi earmuff ketika nonton :)

    utk balita, jgn cuma bawain stok makan-minum yg cukup. Tontonannya juga mulai dipili. Pernah sy dan suami nonton film action di bioskop tanpa bawa anak2. Tp ternyata saat itu byk yg bw anak2. Ketika ada adegan ciuman, salah satu anak teriak "Papa, kenapa mereka ciuman?" Dan papanya sibuk nutupin mata anaknya :)

    BalasHapus
  8. aku bawa anak nonton bioskop pertama kali umur 3 tahun mbak

    BalasHapus
  9. saya punya balita, tapi mau diajak nonton bioskop masih blm berani karena memang suara di dlm bioskop yg menggelegar. Kalo pelindung telinga utk balita, seperti apa ya.... :)

    BalasHapus
  10. anak balita saya gak berani di bawa keluar takut sakit

    BalasHapus
  11. share nya bagus dan penting, juga jadi lebih mengetahui mengenai earmuff

    BalasHapus
  12. tolong infonya donk mbak karena hari senin ini saya sama baby mau pulkam, tks...

    BalasHapus

Leave your comment here..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...