Jumat, 18 Januari 2013

Banjir! Sudah siapkah anda?

Kalau di negara lain ada musim salju di indonesia terutama jakarta ada musim hujan + banjir nya. Selain dijakarta sebenarnya banjir juga terjadi di daerah jawa barat dan juga sumatera. Tapi yang membedakan jakarta dengan kota lain, karena ini Ibu Kota! Praktis hampir semua kegiatan perekonomian lumpuh.

Diberbagai tempat dijakarta sudah terkena banjir, alhamdulillah ditempat saya belum, mungkin akan, karena dekat dengan pintu air manggarai. Tapi tidak ada salahnya untuk mempersiapkan segala seauatu yang tidak diinginkan dikala banjir.

1. Siapkan makanan kaleng, karena makanan kaleng dapat bertahan lama, contohnya sarden atau kornet

2. Masukkan berkas penting ke dalam plastik lalu ke dalam tas, agar ketika banjir bisa mudah dipindahkan

3. Siapkan lilin atau senter, persiapan ketika mati lampu, jangan lupa tetap matikan MCB listrik jika lampu padan agar tidak terjadi konsleting listrik ketika pln mulai menyalakan listrik kembali.

4. Siapkan cemilan dan aqua gelas.

5. Pindahkan beberapa helai baju kelantai atas.

6. Siapkan portable charger handphone dan pulsa agar nanti dapat menghubungi sanak saudara/meminta bantuan ketika banjir datang. (Biar bisa ngeblog juga, hihi)

7. Persiapkan stock obat-obatan (paracetamol, obat diare dan alergi)

8. Persiapkan pasokan air bersih (nagi yang driumahnya memakai shower tanpa bak). di taruh dilantai atas, karena pompa air akan mati ketika listrik mati.

Saya pribadi melakukan rescue bersama Mapalaya universitas jayabaya, dan mengalami hambatan untuk menevakuasi warga yang enggan di evakuasi, padahal banjir sudah sampai digenteng. Walaupun kalau tidak mau kami tetap menyusuri rumah memberi makanan, tapi kalau banjir semakin tinggi, semakin susah pula untuk mencapai rumah warga. Nah kalau sudah terjadi banjir yang cukup tinggi dan memiliki kemungkinan akan lebih tinggi, harap mau di evakuasi/mengevakuasikan diri, nyawa lebih berarti daripada harta lho..

Bagi yang ingin menyumbangkan bantuan makanan, diharapkan makanan yang sudah jadi, karena pengungsi/korban banjir sulit memasak di dapur umum.
Bagi yang akan merescue korban di perumahan sempit, diharapkan menggunakan perahu raft (yang sering dipakai untuk rafting) karena perahu bermesin akan sulit untuk melewati jalan perumahan.

Nah untuk yang ingin menyumbang, sumbangan bisa disalurkan ke:

"Kumpulan Emak2 Blogger Peduli Banjir"
Transfer ke rekening
BCA cab Meruya Selatan
A/C 8870205709
An Mira Nurfahlia Sahid

Mandiri cab Grandmall
A/C 156-00-0192467-1
An Irma Susanti

Konfirmasi sms
Mira : 085210334998
Irma : 081389095599

"Mapalaya Universitas Jayabaya Rescue Team" (021)47869775)
Transfer ke rekening
 BCA 5700093630 A/C Jean Azlinda, 
sms:  Karina: 087883143526
 Sneak Peek Rescue Team Mapalaya Jayabaya:



Seragam SAR


Team Leader dan anggota dengan salah satu boat


Sandwich


Roti-roti


siap dikirim ke tempat evakuasi banjir

2 komentar:

  1. Salut mak dengan spontanitas emak membantu para korban. Semoga Tuhan membalasnya. Amien.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amien..
      kita ga tahu kapan kena bencana, selagi masih bisa membantu sesama kenapa tidak. bukan pahala yang dikejar tapi membantu sesama itu merupakan kewajiban kita juga sebagai sesama muslim. hehe

      Hapus

Leave your comment here..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...